Perkembangbiakan pada Manusia

Salah satu ciri makhluk hidup adalah dapat berkembang biak. Makhluk hidup berkembang biak untuk melestarikan jenisnya agar tidak punah. Demikian pula manusia. Untuk melestarikan jenisnya, manusia berkembang biak secara kawin (generatif). Perkembangbiakan secara kawin ter-jadi karena ada proses penggabungan antara sel sperma dan sel telur. Sel sperma dihasilkan laki-laki dan sel telur dihasilkan perempuan.
Pertumbuhan dan perkembangan manusia dimulai sejak penggabungan antara sel sperma dan sel telur yang membentuk zigot. Zigot merupakan cikal bakal dari individu baru. Pertumbuhan dan perkembangan berlanjut hingga manusia dewasa dan akan mengalami penuaan. Pertumbuhan dan perkembangan pada manusia secara umum terjadi dalam dua tahap. 
Pertumbuhan dan perkembangan tahap pertama terjadi di dalam rahim. Adapun pertumbuhan dan perkembangan tahap kedua terjadi di luar rahim. 
Apakah perbedaan pertumbuhan dan perkembangan? 
Pertumbuhan adalah pertambahan ukuran tubuh. Contohnya, bertambahnya berat badan dan tinggi badan. Adapun perkembangan adalah kegiatan sel-sel dalam membentuk fungsi-fungsi khusus tubuh. Contohnya, ketika bayi kamu tidak dapat berjalan. Akan tetapi, sekarang setelah kamu Kelas VI, kamu dapat berdiri, melangkah, dan berjalan sendiri. Bandingkan keadaan tubuhmu sekarang dengan ketika masih Kelas I. Apakah kamu mengalami pertumbuhan dan perkembangan?
1.  Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia di dalam Rahim

Pertumbuhan dan perkembangan manusia di dalam rahim dimulai ketika terjadi penggabungan antara sel sperma dan sel telur. Rahim hanya dimiliki perempuan. Jadi, pertumbuhan dan perkembangan pertama kali terjadi di dalam tubuh seorang ibu.

Bergabungnya sel sperma dan sel telur akan membentuk zigot. Proses tersebut dinamakan dengan proses pembuahan atau fertilisasi. Setelah terjadi pembuahan, zigot akan terus membelah dan membentuk embrio. Setelah 120 jam dari pembelahan, embrio akan menempel di dinding rahim ibu. Perhatikanlah Gambar dibawah ini. Proses penempelan ini disebut implantasi. Embrio  tumbuh menjadi janin dan mulai mendapatkan makanan dan oksigen. Makanan dan oksigen diperoleh dari ibu.
Tahukah kamu, mengapa ibu mengandung selama kurang lebih 9 bulan? Masa pertumbuhan dan perkembangan manusia di dalam rahim disebut juga dengan masa kehamilan. Masa kehamilan itu terjadi selama kurang lebih 38 minggu. Setelah kurang lebih 38 minggu di dalam rahim, bayi akan lahir ke dunia dan memulai pertumbuhan dan perkembangannya di luar rahim. Proses pertumbuhan dan perkembangan manusia di dalam rahim dapat dijelaskan dalam Gambar berikut. 



2.  Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia di Luar Rahim
Pertumbuhan dan perkembangan manusia di luar rahim atau setelah lahir terjadi dalam beberapa tahap. Elizabeth Hurlock, seorang ahli psikologi perkembangan, membaginya ke dalam empat tahapan. Tahapannya sebagai berikut.

a.  Tahap orok, mulai lahir sampai usia dua minggu.
b.  Tahap bayi, mulai usia dua minggu sampai usia dua tahun.
c.  Tahap kanak-kanak, mulai usia dua tahun sampai masa pubertas (sekitar 11 tahun).
d.  Tahap remaja atau pubertas, mulai usia 11 tahun sampai 21 tahun.
  Pernahkah kalian mendengar istilah balita dan batita? Termasuk tahap mana kedua istilah tersebut? Setelah tahap remaja atau pubertas, manusia mengalami tahap dewasa. Manusia terus mengalami penuaan sampai tahap manula. Pada proses penuaan, secara  fisik tubuh tidak mengalami pertumbuhan lagi, namun berkurang kemampuannya. Perhatikanlah Gambar berikut :

Perubahan  fisik manusia paling banyak terjadi pada masa remaja. Masa ini disebut juga dengan masa pubertas. Masa ini ditandai dengan perubahan fisik, psikologis (emosi), serta aktifnya alat perkembangbiakan. Perubahan yang terjadi pada masa pubertas laki-laki berbeda dengan perempuan.

a.  Pubertas pada Laki-Laki
Pada masa pubertas, setiap laki-laki akan mengalami perubahan sebagai berikut:

1)  Tumbuhnya tulang yang menonjol di tengah-tengah leher. Tulang ini disebut jakun. Tumbuh-nya jakun ini disertai dengan membesarnya
suara.
2)  Tumbuhnya rambut-rambut di beberapa bagian tubuh, antara lain kumis, janggut, rambut di ketiak, dan rambut di sekitar alat kelamin.
3)  Dada akan lebih membidang.
  Dari ciri-ciri tersebut, adakah yang sudah kamu alami?

Selain perubahan  fisik pada Gambar disamping alat perkembangbiakan laki-laki pun (testis) mulai aktif dalam menghasilkan sperma. Selain itu, perubahan psikologis yang terjadi adalah mulai tertariknya pada lawan jenis.



b.  Pubertas pada Perempuan
Perhatikan gambar berikut :
Perubahan  fisik perempuan pada saat pubertas akan terlihat lebih jelas dibandingkan dengan laki-laki. Perubahan yang dialami adalah sebagai berikut.
1) Tumbuhnya payudara
2)  Pinggul melebar sehingga bentuk tubuh pun akan terlihat lebih melekuk.
3)  Tumbuhnya rambut di ketiak dan di sekitar alat kelamin.

Selain ciri-ciri  fisik tersebut, perubahan lain adalah  alat perkembangbiakan perempuan yang mulai berfungsi. Hal itu ditandai dengan menstruasi. Mens-truasi adalah keluarnya darah dari kelamin wanita. Hal itu disebabkan oleh terjadinya peluruhan dinding rahim karena tidak terjadi pembuahan pada sel telur wanita. Hal itu terjadi secara bersiklus. Siklusnya adalah sekitar 28 hari.
Jika kamu mengalami perubahan-perubahan tersebut, kamu tidak perlu takut. Komunikasikanlah dengan orangtuamu (anak laki-laki pada ayah atau kakak laki-lakinya dan anak perempuan pada ibu atau kakak perempuannya). Hal tersebut merupakan hal yang wajar dan normal (alami). Setiap orang pasti akan mengalaminya.

c.  Cara Menghadapi Masa Pubertas 
Pada masa pubertas, banyak perubahan yang terjadi pada diri kamu yang tidak kamu duga. Pada masa pubertas itu akan terjadi ketidakstabilan emosi. Beberapa hal yang perlu dilakukan untuk menghadapi masa pubertas ialah sebagai berikut :
1)  Bersikap tenang dan percaya diri.
2)  Bersikap jujur dan terbuka kepada orang yang kamu percayai ketika terjadi perasaan yang tidak enak. Hal itu akan membantu memberi ketenangan dan jalan keluar.
3)  Selalu menjaga kebersihan seluruh tubuh dan alat kelamin.



Latihan

1.   Apa yang dimaksud dengan perkembangbiakan secara kawin?
2.   Sebutkan beberapa hal yang harus dilakukan untuk menghadapi masa pubertas.
3.   Apakah laki-laki dapat mengalami menstruasi? Jelaskan.

Sumber : Buku Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VI
             S. Rositawaty - Aris Muharam












8 comments:

  1. terimakasih,,, ini sangat membantuku,,,

    ReplyDelete
  2. Makasih ini lumayan membantu,Semoa yg membaca ini mohon do'anya ya buat aku menghadapi un dan uts agar aku dapat nilai bagus dan dapat masuk smp negri faforit amin yg mau bantu doa makasih ya

    ReplyDelete
  3. Terima kasih... Lengkap dan sangat membantu

    ReplyDelete
  4. Terima kasih... Lengkap dan sangat membantu

    ReplyDelete
  5. Terima kasih... Lengkap dan sangat membantu

    ReplyDelete
  6. Terima kasih atas semua yang kita sayang itu gak enak badan mau d entri mah msh berderet yang paling kamu sukai dari pria yang tidak bisa di ajak ke dalam hati saya sakit hati dan perasaan ini adalah hari yang lalu biarlah berlalu dan jasa BLUD rumah sakit jiwa yang sepi banget ya allah semoga bermanfaat untuk orang yang kita sayang itu gak enak badan mau d entri mah msh berderet yang paling kamu sukai dari pria yang tidak bisa di ajak ke dalam hati saya sakit hati dan perasaan ini adalah hari yang lalu biarlah berlalu dan jasa BLUD rumah sakit jiwa yang sepi banget ya allah semoga bermanfaat untuk orang yang kita sayang itu gak enak badan mau d entri mah msh berderet yang paling kamu sukai dari pria yang tidak bisa di ajak ke dalam hati saya sakit hati....

    ReplyDelete