Hubungan Makanan dan Kesehatan

Tahukah kamu mengapa kamu merasa lapar? Jika tidak makan, tidak akan bisa bermain dan belajar. Juga kegiatan yang lain. Akhirnya kamu bisa jatuh sakit. Makanan diperlukan makhluk hidup karena merupakan sumber energi. Makanan bermanfaat untuk menjaga tubuh tetap tumbuh dan sehat. Zat makanan apa sajakah yang diperlukan tubuh?

Makanan bergizi 

Apakah makanan bergizi itu? Makanan bergizi adalah makanan yang mengandung zat-zat diperlukan oleh tubuh. Di dalam tubuh, zat makanan mempunyai fungsi sendiri-sendiri.
Fungsi makanan bagi tubuh digolongkan menjadi tiga.

1) Penghasil energi
Zat makanan berfungsi sebagai penyedia energi.
Contohnya : karbohidrat, lemak, dan protein. Zat makanan yang cepat diubah menjadi energi adalah karbohidrat.

2) Zat makanan pembangun
Zat makanan berfungsi sebagai pembentuk jaringan tubuh. Sadarkah bahwa kamu bertambah besar dan tumbuh? Semua ini atas jasa zat makanan. Bahan yang termasuk zat pembangun adalah protein, mineral, dan air.

3) Zat pengatur
Zat makanan berfungsi sebagai pengatur terjadinya proses-proses di dalam tubuh. Zat makanan yang termasuk zat pengatur adalah vitamin.

Berikut bahan makanan yang mengandung gizi:
1) Karbohidrat
Bahan makanan yang mengandung karbohidrat antara lain beras, terigu, kentang, umbi-umbian, dan sagu. Manfaat karbohidrat antara lain sebagai berikut.
- Penghasil energi.
- Membentuk cadangan makanan.
- Memberi rasa kenyang.

2) Lemak
Lemak dapat kita peroleh dari hewan. Misalnya susu, telur, keju, dan mentega. Ada yang kita peroleh dari tumbuh-tumbuhan. Misalnya kacang-kacangan, minyak sayur, dan margarin.

Manfaat lemak bagi tubuh:
- pemberi sumber tenaga;
- cadangan lemak di bawah kulit dapat melindungi organ tubuh bagian dalam, misalnya ginjal, jantung, dan hati;
- pelarut vitamin A, D, E, K sehingga mudah diserap oleh usus halus,
- penghambat panas tubuh agar tidak banyak yang keluar; dan
- pemberi rasa kenyang.

3) Protein
Menurut sumbernya protein berasal dari:
a) hewan, disebut protein  hewani, contohnya hati, daging, telur, ikan, susu, dan keju;
b) tumbuh-tumbuhan, disebut  protein nabati, contohnya kacang-kacangan, tahu, dan tempe.
Manfaat protein bagi tubuh kita:
- membangun sel,
- mengganti sel yang rusak, dan
- mengatur keseimbangan nitrogen dalam tubuh.

4) Mineral
Kebutuhan mineral dalam tubuh hanya sedikit dibandingkan dengan zat yang lain. Namun lebih banyak macamnya. Berikut mineral yang dibutuhkan tubuh.
a) Kalsium (zat kapur)
Bahan makanan yang mengandung zat kapur, contohnya kedelai, kacang merah, bayam, daging ayam, ikan, telur, dan lain-lain.
Manfaat zat kapur dalam tubuh antara lain:
- pembentukan tulang dan gigi,
- membantu proses pembekuan darah, dan
- membantu fungsi saraf dan otot.
b) Fosfor
Bahan makanan yang mengandung fosfor, contohnya kacang merah, jagung kuning, mete, udang, daging ayam, sapi, dan lain-lain.
Manfaat fosfor dalam tubuh, di antaranya:
- membentuk tulang dan gigi,
- menjaga keseimbangan cairan tubuh.
c) Zat besi (Fe)

Bahan makanan yang mengan-dung zat besi, contohnya bayam, daun ubi jalar, daun kelor, kedelai, telur, daging, ayam, sapi, hati, dan kacang panjang.

Manfaat zat besi adalah pembentuk hemoglobin dalam darah. Bertugas utuk mengangkut oksigen di dalam tubuh. Kekurangan zat ini orang akan menderita anemia (kekurangan darah merah).

d) Yodium
Bahan makanan yang mengandung yodium, contohnya garam dapur, ikan laut, sayuran, dan lain-lain. Manfaat yodium bagi tubuh yaitu diperlukan sebagai pembentuk hormon thyroxin. Hormon thyroxin dihasilkan oleh kelenjar gondok. Bila kekurangan yodium akan mengakibatkan terjadinya pembesaran pada kelenjar gondok.

e) Flour (F)
Bahan makanan yang mengandung flour, contohnya air minum, teh, makanan yang berasal dari laut.
Manfaat bagi tubuh yaitu mencegah karies gigi. Karena sifat makanan melawan efek asam.
f) Air
Air adalah zat yang memegang peranan penting. Pembakaran karbohidrat akan meningkatkan suhu tubuh. Agar suhu tubuh kembali normal maka air yang ada dalam tubuh sebagian dikeluarkan dari pori-pori kulit. Air  tersebut berupa keringat.
Di dalam tubuh air berguna untuk:
- mengatur panas tubuh,
- mengangkut makanan,
- mengangkut sisa pembakaran, dan
- membentuk cairan tubuh.
Air dapat kita peroleh dari air minum. Juga dari bahan makanan terutama buah, dan air sisa pembakaran karbohidrat, lemak, protein.


5) Vitamin

Vitamin adalah senyawa kimia yang dibutuhkan oleh tubuh. Walaupun jumlahnya sedikit tetapi sangat penting peranannya. Tubuh tidak dapat memproduksi vitamin, maka harus diperoleh dari bahan makanan.
Manfaat vitamin untuk memperlancar proses metabolisme dalam tubuh. Vitamin dikelompokkan menjadi dua, yaitu:
a) vitamin yang larut dalam lemak meliputi vitamin A, D, E, K, dan
b) vitamin yang larut dalam air meliputi vitamin B dan C.
Macam-macam vitamin dan kegunaannya
a) Vitamin A
Makanan yang mengandung vitamin A. Contohnya: bayam, kangkung, daun singkong, pepaya, mangga, wortel, ubi rambat merah, dan lain-lain.
Manfaat vitamin A dalam tubuh. Vitamin A membantu proses penglihatan, membantu proses pertumbuhan, dan pembentukan sel tubuh.
b) Vitamin B
Bahan makanan yang mengandung vitamin B. Contohnya: beras,
bekatul, kacang hijau, daging, telur, sayuran, dan lain-lain.
Manfaat vitamin B bagi tubuh. Vitamin B mencegah penyakit beri-beri, merangsang nafsu makan, dan mencegah radang pada ujung lidah. Vitamin B membantu proses pembakaran di dalam tubuh.
c) Vitamin C
Bahan makanan yang mengandung vitamin C. Contohnya: sayur-sayuran dan buah-buahan segar, kacang polong kedelai, dan kacang tanah.
Manfaat vitamin C bagi tubuh. Vitamin C memperkuat daya tahan tubuh terhadap bibit penyakit, mencegah gusi berdarah, dan membantu proses pemulihan setelah sakit.
d) Vitamin D
Bahan makanan yang mengandung vitamin D. Contohnya: alpokat, pisang, bayam, dan bunga kool. Di dalam tubuh kita terdapat bahan vitamin D. Jika terkena sinar matahari pagi akan berubah menjadi vitamin D. Sinar matahari membantu proses pembentukan vitamin D.

Manfaat vitamin D bagi tubuh ialah membantu pembentukan tulang dan gigi.
e) Vitamin E
Bahan makanan mengandung vitamin E. Contohnya: kuning telur, susu, minyak ikan, minyak jagung, susu, biji-bijian yang sedang tumbuh. Manfaat vitamin E bagi tubuh meningkat-kan kesuburan.
f) Vitamin K
Bahan makanan mengandung vitamin K. Contohnya: daging sapi, daging ayam, kacang-kacangan, sayuran, dan minyak goreng. Manfaat vitamin K bagi tubuh ialah membantu proses pembekuan darah. Jika terjadi luka, luka itu akan cepat tertutup.


Sumber : Buku Ilmu Pengetahuan Alam Kelas V
             Wiwik Winarti, Joko Winarto, Widha Sunarno










No comments:

Pengunjung yang baik adalah pengunjung yang selalu meninggalkan komentar, meski hanya sepenggal kata