Memberikan Tanggapan, Alasan dan Saran

Tanggapan adalah pendapat ataupun reaksi seseorang setelah melihat,mendengar ataupun merasakan sesuatu. Tanggapan dapat berupa persetujuan, sanggahan, pertanyaan, atau pendapat. Semua tanggapan harus disampaikan dengan sopan. Dalam menanggapi suatu permasalahan harus disertai jalan keluar (solusi). 

Alasan adalah suatu hal yang diungkapkan untuk mengokohkan pendapat yang bersifat opini yg dipakai untuk menguatkan pendapat.

Saran sama dengan usulan, yakni menanggapi tindakan atau pendapat orang lain berupa usulan yang menurut pemberi saran adalah yang terbaik atau lebih baik dari sebelumnya.
Untuk memberikan pendapat yang terdapat pada sebuah permasalahan atau yang disampaikan oleh seseorang, kamu dapat menanyakannya dengan pertanyaan berikut.
1. Apa yang menjadi permasalahan?
2. Siapa yang menjadi pokok pembicaraan?
3. Di mana hal itu terjadi?
4. Kapan hal itu terjadi?
5. Mengapa hal itu terjadi?
6. Bagaimana penyelesaiannya?
Contoh :
Peristiwa
Beberapa orang laki-laki sedang menebang pohon di hutan.
Tanggapan
Saya tidak setuju dengan apa yang dilakukan laki-laki tersebut.
Alasan
Penebangan hutan secara sembarangan dapat menyebabkan banjir.
Saran
Sebaik mereka tidak menebang pohon dengan sembarangan. Kalau perlu mereka hendaknya menanm pohon untuk keletarian lingkungan.


Sekarang cobalah mengerjakan beberapa soal berikut pada bukumu.

1. Peristiwa              :  Roni membuang plastik makanannya sembarangan.
    Tanggapan saya :  ............................
    Alasan                 :  ............................
    Saran                  :  ............................


2.  Peristiwa               :  Seseorang yang sedang membakar hutan.
     Tanggapan  saya :  ..........................
     Alasan                   : ...........................
     Saran                    :  ...........................


3. Peristiwa                :  Keluarga Wiwid tidak pernah membersihkan rumah mereka, 
                                    sehingga menjadi kotor.
    Tanggapan  saya  : ...........................
    Alasan                   : ...........................
    Saran                     :  ..........................


4. Peristiwa                :  Rini setiap pagi menyapu  halaman rumahnya.
    Tanggapan  saya  :  ..........................
    Alasan                   :  ..........................
    Saran                    :  ...........................


5. Peristiwa               :  Anak-anak sedang menyiram pohon-pohonagar tumbuh baik.
    Tanggapan saya :  ...........................
    Alasan                  : ............................
    Saran                    :  ...........................

10 comments:

  1. Informasi yang bagus.
    Saya gunakan peristiwanya untuk mengajar tentang materi ini kepada siswa kelas 5.
    Terima kasih :)

    ReplyDelete
  2. tanggapan kalau disertai alasan gimana buk? koq saya ngajarinya tak gabung ya?

    ReplyDelete

  3. No house in Serang unique. Yes, his name is the forest home. Have we ever imagined, that the forest is a place that is convenient for us
    bandar togel sgp yang paling aman

    ReplyDelete
  4. Percaya atau tidak hanya dalam waktu sekejap Anda bisa bebas dari masalah ekonomi. Kalau sy bohong dengan metode ini sy tidak menikmati hasilnya sekitar 400juta saya tidak selamat 7 turunan dunia akhirat, Kalau mau buktikan silahkan tlp ke No 081245767849.(AGENG SURO) Dan gak ada salahnya anda sekedar kunsultasi Dengan Beliau, dan metode ini masuk akal.

    ReplyDelete
  5. informasinya bermanfaat sekali .... terima kasih

    ReplyDelete
  6. My name is Favour Peterson from Surabaya in Indonesia and currently living in Malaysia. I am very grateful to announce to everyone how Allah changed my suffering and poverty with joy and thanks to rika anderson loan company who gave me a loan of $32,000 with very low interest rates. I was deceived by online fraudsters last month now all thanks to Almighty Allah who used Rika Anderson to end all my suspicions in my life, so I looked for a loan with a zero credit history and I have many financial and corporate banks to lend me but all refused me . I saw a page on the internet and I saw a woman who shared her testimony about how she got a loan from RIKA ANDERSON LOAN COMPANY. I contacted Rika's mother with confidence and within 48 hours I got a loan, then I realized that not all loan companies on the blog were really fake because all my debts had been paid off, now I am now successful in a decent business, now I am happy with my family and relatives. I promised God to always share this testimony of my life. You can contact Ms. Rika via W/A: +19147057484 or email rikaandersonloancompany@gmail.com and can also reach me on favourpeterson9@gmail.com

    ReplyDelete
  7. Halo semuanya, saya Rika Nadia, saat ini tinggal orang Indonesia dan saya warga negara, saya tinggal di JL. Baru II Gg. Jaman Keb. Lama Utara RT.004 RW.002 No. 26. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberikan saran nyata kepada semua warga negara Indonesia yang mencari pinjaman online untuk berhati-hati karena internet penuh dengan penipuan, kadang-kadang saya benar-benar membutuhkan pinjaman , karena keuangan saya buruk. statusnya tidak begitu baik dan saya sangat ingin mendapatkan pinjaman, jadi saya jatuh ke tangan pemberi pinjaman palsu, dari Nigeria dan Singapura dan Ghana. Saya hampir mati, sampai seorang teman saya bernama EWITA YUDA (ewitayuda1@gmail.com) memberi tahu saya tentang pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ny. ESTHER PATRICK Manajer cabang dari Access loan Firm, Dia adalah pemberi pinjaman global; yang saya hubungi dan dia meminjamkan saya pinjaman Rp600.000.000 dalam waktu kurang dari 12 jam dengan tingkat bunga 2% dan itu mengubah kehidupan seluruh keluarga saya.

    Saya menerima pinjaman saya di rekening bank saya setelah Nyonya. LADY ESTHER telah mentransfer pinjaman kepada saya, ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah Rp600.000.000 yang saya terapkan telah dikreditkan ke rekening bank saya. dan saya punya buktinya dengan saya, karena saya masih terkejut, emailnya adalah (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)

    Jadi untuk pekerjaan yang baik, LADY ESTHER telah melakukannya dalam hidup saya dan keluarga saya, saya memutuskan untuk memberi tahu dan membagikan kesaksian saya tentang LADY ESTHER, sehingga orang-orang dari negara saya dan kota saya dapat memperoleh pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) silakan hubungi LADY ESTHER Dia tidak tahu bahwa saya melakukan ini tetapi saya sangat senang sekarang dan saya memutuskan untuk memberi tahu orang lain tentang dia, Dia menawarkan semua jenis pinjaman baik untuk perorangan maupun perusahaan dan juga saya ingin Tuhan memberkati dia lebih banyak,

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: (rikanadia6@gmail.com). Sekarang, saya adalah pemilik bangga seorang wanita bisnis yang baik dan besar di kota saya, Semoga Tuhan Yang Mahakuasa terus memberkati LADY ESTHER atas pekerjaannya yang baik dalam hidup dan keluarga saya.
    Tolong lakukan dengan baik untuk meminta saya untuk rincian lebih lanjut tentang Ibu dan saya akan menginstruksikan, dan ada bukti pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) Terima kasih semua

    ReplyDelete